Lukman Mahasiswa S-1 Suka Menulis, Mendaki, Tahu Olahraga dan sedikit Tahu memasak

Kecepatan Dalam Olahraga

2 min read

Latihan Membentuk kecepatan

Penjasology.web.id_Latihan kecepatan dalam olahraga menjadi salah satu sarana untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh Anda. Selain itu juga mampu meningkatkan kelincahan dan kegesitan Anda dalam beraktivitas. Oleh karena itu, luangkan waktu Anda untuk melakukan latihan tersebut.

Pernahkah Anda merasakan tubuh melambat ketika bergerak di tengah-tengah padatnya aktivitas? Bisa saja ini merupakan sinyal yang muncul akibat Anda jarang berolahraga. Solusinya, mulai sekarang Anda disiplinkan diri untuk berlatih olahraga untuk kecepatan.

Pengertian Kecepatan dalam Olahraga

Kecepatan dalam olahraga adalah kemampuan seseorang untuk menggerakkan tubuh berpindah dari posisi satu ke posisi lainnya dalam waktu yang cepat dan singkat. Dengan demikian, Anda menjadi semakin tangkas saat bergerak.

Terlebih jika mobilitas Anda sangat tinggi maka penting untuk melakukan olahraga yang berkaitan dengan kecepatan. Latihan untuk kecepatan tidak hanya dikhususkan bagi para atlet yang akan mengikuti pertandingan saja.

Latihan juga dibutuhkan oleh semua orang tanpa terkecuali. Namun, perlu Anda perhatikan bahwa latihan harus sesuai dengan prosedur yang benar dan rutin agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

BACA JUGA : √ Gerakan Membentuk Otot LenganGerakan Membentuk Otot Perut 

Gerakan Latihan Untuk Meningkatkan Kecepatan

Berikut di bawah ini merupakan gerakan yang memiliki tujuan membentuk peningkatan kecepatan gerak Anda :

1.     Lunges

Langkah-langkah untuk gerakan lunges biasa dimulai dengan berdiri tegak dengan posisi kaki terbuka dan lebarnya sebahu. Tangan diletakkan di pinggang. Kaki kanan melangkah ke depan, sedangkan yang kiri ke belakang.

Lutut kanan ditekuk sampai membentuk sudut 90°, sedangkan lutut kiri Anda sentuhkan dengan lantai. Anda tahan 3 hingga 5 detik. Lalu, kembali pada kondisi semula dan posisi kaki jangan lupa diganti. Lakukan gerakan 10 hingga 12 kali dengan variasi posisi bagian kaki.

2.     Lateral Lunges

Tubuh berdiri dengan kaki sedikit terbuka. Kedua tangan dirapatkan pada depan dada, lalu Anda miring ke kanan. Kaki sebelah kanan menekuk, sedangkan sebelah kiri lurus. Posisi dada tegak, lalu tarik pantat ke belakang.

Setelah itu kembali pada posisi awal, tubuh dimiringkan namun dengan arah berlawanan dan untuk posisinya tetap sama. Gerakan pada masing-masing arah dilakukan sebanyak 10 sampai 12 kali.

3.     Squat Jump

Posisikan tubuh Anda berdiri dan kaki terbuka lebar. Tangan Anda berada di depan dada. Lutut ditekuk sampai bagian paha dan lantai sejajar. Lalu tubuh diangkat dan loncat setinggi mungkin dan ujung kaki didorong ke lantai. Anda mendarat dengan pelan dengan tubuh berada dalam posisi jongkok. Lakukan secara bertahap menyesuaikan kemampuan Anda.

4.     Pliometrik

Berdirilah dengan tubuh berposisi tegak, kemudian lompat setinggi yang Anda mampu. Apabila memakai alat bantu berupa box maka usahakan lompatan hingga di atas box. Saat kaki menyentuh tanah, Anda tidak direkomendasikan untuk menghentakkan dengan keras. Sebaiknya jari-jari kaki mendarat lebih awal dari pada tumit.

5.     Lempar Tangkap

Berdirilah sejauh 2 hingga 3 meter dari tembok. Bola tenis dilempar ke arah tembok sampai memantul dan Anda bersiap untuk menangkapnya. Variasikan sudut lemparan agar aktivitas menjadi menyenangkan. Mintalah teman Anda untuk melemparkan bola agar Anda semakin mahir.

BACA JUGA : √ Manfaat melakukan Latihan Kekuatan 

Manfaat Latihan Kecepatan dalam Olahraga

  1. Mempermudah menguasai teknik-teknik tinggi dalam beragam jenis olahraga
  2. Menurunkan resiko penyakit arthritis
  3. Melancarkan pertukaran oksigen di dalam tubuh sehingga memelihara kesehatan paru-paru.
  4. Membakar kelebihan kalori di dalam tubuh
  5. Merangsang produksi hormon endorfin yang bagus untuk memperbaiki mood
  6. Menguatkan tulang dan otot kaki
  7. Semakin produktif dalam bekerja
  8. Membentuk postur tubuh menjadi lebih baik

Secara sekilas latihan kecepatan dalam olahraga sangat gampang untuk dipraktekkan. Namun, Anda tetap harus berhati-hati karena memiliki resiko cedera yang tinggi. Oleh karena itu, sebelumnya dianjurkan untuk pemanasan kurang lebih 5 menit, memakai sepatu beserta kaos kaki demi keamanan dan kenyamanan.

Demikian pembahasan tentang kekuatan olahraga yang mengenai pengertian, gerakan untuk melatih dan manfaat latihan kecepatan.

Incoming search terms:

  • gerakan kecepatan
  • latihan Untuk melatih kecepatan adalah
  • latihan untuk meningkatkan kecepatan
  • lempar tangkap bola lambung dilakukan oleh
Lukman Mahasiswa S-1 Suka Menulis, Mendaki, Tahu Olahraga dan sedikit Tahu memasak

Posisi Pemain Sepakbola

Lukman
2 min read

Tips Membentuk Perut Sixpack

Lukman
1 min read

Cara Melakukan Roll Depan

Lukman
1 min read

One Reply to “Kecepatan Dalam Olahraga”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *