Lukman Mahasiswa S-1 Suka Menulis, Mendaki, Tahu Olahraga dan sedikit Tahu memasak

Kekuatan Otot Bahu

2 min read

 

Kekuatan otot bahu

Penjasology.web.id_Shoulder Muscle atau Otot bahu merupakan otot yang dijumpai pada lengan atas hingga otot trapezius di dekat leher. Kekuatan otot bahu dapat dilatih menggunakan beberapa gerakan.

Yuk, simak detail gerakannya seperti apa agar Anda bisa segera mempraktekkannya agar kalian dapat tahu bagaimana cara membentuk Otot bahu kemudian melakulan latihan pada otot bahu.

Latihan Otot  Bahu

Tingkat kesulitan latihan otot bagian bahu ini lebih tinggi dibandingkan bagian lainnya seperti otot dada. Pasalnya, untuk melakukannya Anda membutuhkan tenaga ekstra. Selain itu, mempelajari gerakan dan tekniknya juga tidaklah mudah.

Oleh karena itu, bagi Anda yang masih pemula disarankan untuk menggunakan beban yang ringan terlebih dahulu. Mintalah bantuan rekan Anda saat mengatur barbell sehingga tercipta keseimbangan pada kedua tangan.

Saat gerakan Anda sudah lancar, baru kemudian beban ditambah menjadi lebih berat. Tolak ukur keberhasilan dalam latihan bisa dilihat ketika Anda mampu menggerakkan dumbbell dengan santai.

BACA JUGA :  √  Gerakan Membentuk Otot Lengan 

Gerakan Latihan Otot Bahu

1.     Infront Barbell Shoulder Press

Latihan ini dilakukan dalam posisi berdiri. Caranya, Posisi tangan pada barbell Anda ukur terlebih dahulu sehingga dapat berpegangan dengan seimbang dan kuat.  Lalu, Anda angkat beban dan digerakkan ke atas. Posisi beban ketika di atas, leher dan otot dada lurus. Fokus latihan untuk membentuk bahu bagian depan.

2.     Back Barbell Shoulder Press

Semua caranya sama dengan infront barbell shoulder press. Namun, yang membedakan adalah posisi tubuh saat berlatih. Anda duduk di tempat yang telah tersedia. Kemudian, beban diangkat ke atas sampai posisinya lurus.  Fungsinya agar  membentuk kekuatan otot bahu bagian belakang.

3.     Arnold Press

Gerakan arnold press menggunakan dumbbell sebanyak dua buah. Gerakannya sedikit lebih rumit, dilakukan secara berdiri di mana salah satu kaki ada yang di depan dan di belakang. Caranya dumbbell dipegang di tangan kanan dan kiri, kemudian diangkat ke atas dengan posisi tangan ditekuk membentuk sudut 90°. Letak tangan di samping kiri dan kanan kepala.

Anda gerakkan tangan ke atas hingga lurus. Setelah itu, dengan perlahan turunkan tangan dan ditekuk kembali namun posisinya di depan dada. Lalu, Anda tarik ke belakang hingga kembali pada posisi awal, yaitu di samping kepala. Anda ulang gerakan tersebut beberapa kali. Beban dumbbell bisa ditambah lebih berat setelah Anda mahir melakukan gerakannya.

4.     Dumbbell Side Lateral Raise

Pada saat berlatih dumbbell side lateral raise Anda juga memerlukan dua dumbbell. Gerakannya cukup susah, terutama bagi pemula. Anda pegang dumbel, posisikan di depan paha.

Langkah selanjutnya, tangan digerakkan ke samping dan diangkat hingga setinggi bahu. Tangan dengan pelan-pelan diturunkan untuk kembali ke posisi awal. Latihan ditujukan untuk otot bahu depan.

5.     Bent Over Lateral Raise

Gerakan saat latihan hampir serupa dengan dumbbell side lateral raise, hanya saja posisinya berbeda dan ditujukan bagi otot bahu sisi belakang. Gerakan dimulai dengan mengatur posisi badan membungkuk dengan punggung lurus.

Kaki sedikit ditekuk kedepan dan tangan lurus ke bawah sambil memegang dumbbell.  Tangan diarahkan ke samping, lalu angkat sampai tingginya sebahu. Tangan diturunkan lalu diangkat lagi, begitu seterusnya.

6.     Closures On Head

Anda mulai gerakan dengan membuka kaki selebar bahu dan ditekuk sedikit kedepan. Tangan terlentang dan segaris dengan bahu sambil membawa dumbbell. Tangan bergerak menuju ke atas sampai dumbbell di kedua tangan saling bersentuhan.

7.     Dumbbell Front Side

Dumbbell front side diawali dengan memposisikan badan berdiri tegap dan lututnya sedikit maju kedepan. Masing-masing tangan memegang sebuah dumbel, posisinya diletakkan di atas paha.

Angkat tangan perlahan-lahan sampai lurus dengan bahu. Setelah posisi tangan sempurna, gerakkan turun ke bawah sampai paha lalu ke atas lagi dan Anda turunkan lagi sampai selesai.

Lakukan gerakan diatas sesuai dengan petunjuk guna menghindari rasa nyeri / sakit pada otot bahu kiri maupun kanan

Banyak pilihan gerakan untuk meningkatkan kekuatan otot bahu Anda. Ketujuh gerakan di atas memang tergolong rumit, namun jika Anda berlatih dengan sungguh-sungguh maka semua dapat dikuasai dengan cepat.

Demikian mengenai otot bahu yang membahas latihan dan Gerakan yang bertujuan untuk membentuk kekuatan otot pada Bahu.

Lukman Mahasiswa S-1 Suka Menulis, Mendaki, Tahu Olahraga dan sedikit Tahu memasak

Posisi Pemain Sepakbola

Lukman
2 min read

Tips Membentuk Perut Sixpack

Lukman
1 min read

Cara Melakukan Roll Depan

Lukman
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *