Lukman Mahasiswa S-1 Suka Menulis, Mendaki, Tahu Olahraga dan sedikit Tahu memasak

Kekuatan Otot Lengan

2 min read

gambar kekuatan otot lengan

Pembahasan mengenai √ Latihan Kekuatan Otot Lengan √ Gerakan Membentuk Untuk Otot Lengan.

Penjasology.web.id_Kekuatan otot lengan sangat diperlukan tubuh agar kondisi fisik Anda meningkat. Kekuatan tersebut dapat dibentuk dengan melakukan beberapa cara. Berikut adalah beberapa referensi gerakan yang bisa Anda lakukan.

Latihan Kekuatan Otot Lengan

Lengan harus Anda jaga dengan baik agar tetap berotot, kuat dan tidak mudah mengalami penumpukan lemak sehingga bentuk tubuh menjadi proporsional. Banyak keistimewaan jika otot Anda kuat, salah satu contohnya mampu menahan lebih banyak beban.

Otot lengan bisa dibentuk asalkan Anda rajin latihan. Namun, sebelum latihan dimulai Anda sebaiknya mengetahui tata caranya agar gerakan yang dilakukan tepat, hasilnya maksimal dan tidak menimbulkan cedera.

Olahraga lengan banyak dilakukan baik oleh pria maupun wanita. Sebagai informasi tambahan, jenis olahraga ini tidak hanya membentuk otot lengan saja melainkan juga otot pada perut. Kesuksesan dari latihan tersebut dapat terlihat dengan adanya pertambahan volume pada masing-masing lengan.

BACA JUGA : Gerakan Membentuk Kekuatan Otot Perut

 Gerakan Latihan Membentuk Otot Lengan

Berikut dibawah ini yang bisa Anda tiru berupa gerakan yang bertujuan untuk membentuk otot lengan :

1.     Mengangkat Dumbbell

Anda berdiri tegak, tangan diletakkan pada pemegang alat dumbbell dan ditekuk. Anda mulai angkat dumbbell hingga terbentuk sudut 90°. Agar bisa kekuatan otot lengan yang dihasilkan sempurna maka ulangi aktivitas tadi selama beberapa kali.

2.     Arm Circle

Badan berada pada posisi tegak dengan kaki terbuka lebar. Lalu, dumbel diangkat dengan posisi tangan terlentang lurus di samping tubuh. Kedua lengan tangan Anda putar pelan-pelan hingga terbentuk huruf O. Anda ulangi dengan cara sama hingga beberapa saat.

3.     Olahraga Bertumpu pada Kursi

Anda siapkan terlebih dahulu kursi sebagai tempat untuk duduk saat latihan.  Tangan berada di samping paha, sedangkan kaki di lantai. Pelan-pelan Anda bergerak menurunkan badan menuju ke lantai sampai posisinya hampir jongkok, namun pantat tidak menyentuh lantai. Jika diukur membentuk sudut siku 90°.

Bertahanlah Anda pada posisi tersebut selama beberapa waktu, kemudian gerakkan tubuh ke atas agar posisi kembali seperti sebelumnya. Gerakan diulang sebanyak mungkin sehingga efeknya akan terlihat.

4.     Push Up

Tubuh dan kedua tangan Anda diletakkan di lantai. Posisi tubuh diturunkan sampai bagian dada bersentuhan dengan lantai.  Badan digerakkan naik dan turun dengan maksimal agar membuat otot lengan terbentuk.

5.     Rotation Push Up

Gerakan rotation push up ini tidak jauh berbeda dengan push up pada umumnya namun hanya menggunakan satu tangan saja. Pada prakteknya, semua tangan digunakan namun bergantian.

Posisi awal sama dengan ketika push up, yaitu tangan menyentuh lantai. Tubuh mulai digerakkan naik ke atas, lalu tangan yang digunakan sebagai tumpuan diganti yang sebelahnya. Anda kerjakan langkah yang sama berulang kali.

6.     Pull Up

Pull up bisa dilakukan dengan cara Anda bergelantungan pada palang pintu atau tiang besi. Anda bersiap di dekat tiang besi, lalu tangan diarahkan ke atas tiang bar dan memegangnya erat-erat. Selanjutnya, angkat tubuh Anda sampai menyentuh tiang lalu turunkan lagi. Anda lakukan gerakan seperti itu secara bergantian dalam waktu tertentu.

7.     Chin Up

Gerakan chin up hampir mirip dengan pull up. Langkah sebelum memulainya adalah berdiri tepat di depan tiang bar. Selanjutnya, tangan ditaruh pada tiang bar agar bahu terbuka sangat lebar.

Tubuh diangkat sampai dagu Anda lebih tinggi dari tiang bar. Lalu, turunkan kembali tubuh pada seperti kondisi sebelumnya. Anda terus lakukan hingga mencapai batas maksimal dan merasa lelah.

Secara prinsip untuk membentuk Otot Lengan secara baik tidak hanya melakukan gerakan-gerakan di atas ditunjang dengan mengonsumsi makanan yang tinggi akan protein dan karbohidrat.

BACA JUGA : Cara Melakukan Push Up dengan Benar

Berbagai macam latihan yang ditujukan untuk kekuatan otot lengan di atas dapat Anda praktekkan dengan mudah untuk membentuk otot pada lengan. Otot bagian lengan Anda semakin kuat dan bentuknya terlihat menarik. Dengan demikian, Anda akan mampu melindungi diri dari kejahatan maupun bahaya.

Incoming search terms:

  • Gerak bertumpu Pada tangan
  • otot untuk mengangkat lengan]
  • nama olah raga menggantung dengan tangan
  • macam-macam olahraga untuk menguatkan otot
  • latihan kekuatan otot lengan
  • latihan bergerak dan membentuk formasi untuk
  • kekutan otot tangan dinamakan
  • kekuatan otot lengan
  • gerakan jongkok bertumpu pada tangan dengan tubuh diangkat melatih otot
  • gerakan bertumpu pada tangan
Lukman Mahasiswa S-1 Suka Menulis, Mendaki, Tahu Olahraga dan sedikit Tahu memasak

Tips Membentuk Perut Sixpack

Lukman
1 min read

Tips Lari

Lukman
1 min read

Sit Up dengan Benar

Lukman
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *